sa'at shalat

Rabu, 08 Agustus 2012


Jaminan Syafaat Bagi Orang yang Puasa (2)


Jaminan Syafaat Bagi Orang yang Puasa (2)



REPUBLIKA.CO.ID, Seperti diketahui, dalam surga ada sekian banyak pmtu yang masing-masing pintu memiliki kekhasan sendiri-sendiri. Satu riwayat menyebutkan pintu surga itu terdiri atas delapan macam, yaitu:
 1. pintu Aiman diperuntukkan bagi orang-orang yang kadar tawakalnya penuh yang masuk surga tanpa hisab.
2. pintu shalat.
3. pintu jihad.
4. pintu sedekah (infaq).
5. pintu Rayyan bagi orang yang berpuasa.
6. pintu haji.
7. pintu bagi orang-orang yang pemaaf dan menahan marah.
8. pintu zikir atau satu riwayat mengatakan pintu ilmu.
Menurut Ibnu Hajar al-Asqalani, pintu surga yang disedia­kan bagi manusia jumlahnya tidak terbatas delapan karena berkaitan dengan amal-amal kebajikan yang dilakukan manusia juga tidak terbatas jumlahnya.
Abu Hurairah RA meriwayatkan bahwa Rasulullah SAW bersabda, "Barangsiapa ahli shalat dia dipanggil dari pintu shalat. Barangsiapa ahli jihad dia diseru dari pintu jihad. Barangsiapa ahli puasa dia dipanggil dari pintu Rayyan. Barangsiapa ahli sedekah dia dipanggil dari pintu sedekah. Abu Bakar bertanya, 'Ya Rasulullah, tidak adakah seseorang yang diseru dari segala jenis pintu-pintu tersebut?' Beliau bersabda, Ada dan aku ber­harap kamu termasuk salah satu di antaranya.”’(HR. Bukhari- Muslim)
Kaum muslimin sangat ditekankan untuk memiliki amalan tertentu yang dapat dijadikan sebagai andalan manakala menghadap kepada Allah SWT di hari kiamat. Amal andalan ini bisa disesuaikan dengan kegemaran, selera, dan kecenderungan masing-masing.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar