sa'at shalat

Jumat, 21 September 2012



[FAKTA ISLAM]
MENGENAL ILMUWAN ISLAM (BAGIAN 1)

Hasan bin Haitsam (Alhazen) adalah yang pertama ciptakan kamera (Camera Obscura) juga menulis kitab al-manazhir (Book of Optics) yang menjadi rujukan Roger Bacon, Newton dll.

Abu Ali Hasan b
in Haitsam Bashri, yang terkenal dengan nama Ibnu Haitsam, adalah ilmuwan terkemuka muslim. Ia lahir pada 22 Muharram 354 Hijriyah di kota Basrah, Irak.

Dunia mengenal Ibnu Haitsam sebagai pakar ilmu fisika, matematika, teknik sipil, logika, dan astronomi, dan dia menghasilkan banyak karya penulisan di bidang-bidang tersebut. Dalam bidang keilmuan, Ibnu Haitsam banyak memberi pengaruh dalam perkembangan keilmuan Islam dan dunia.

Para ilmuwan Eropa banyak melakukan penelitian atas karya-karya Ibnu Haitsam, di antaranya Roger Bacon, seorang ilmuwan Inggris abad ke-13. Ketika ia melakukan penelitian mengenai penggunaan matematika dalam ilmu alam, Bacon banyak menggunakan hasil-hasil eksperimen Ibnu Haitsam.

Karya penulisan Ibnu Haitsam yang terpenting adalah “Al-Manazir”, yang terdiri dari 7 makalah mengenai keistimewaan cahaya. Karya itu diterjemahkan ke dalam bahasa Latin pada abad pertengahan, dan memberi pengaruh besar dalam perkembangan ilmu pengetahuan di Barat. Ibnu Haitsam meninggal dunia pada tahun 430 Hijriyah di Kairo.
See Translation

Tidak ada komentar:

Posting Komentar